Published 9:00 AM by F0 with 0 comment

Kementerian PUPR berambisi untuk menyelesaikan pJalan Tol Cimanggis-Cibitung pada awal tahun 2024



Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) berambisi untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada awal tahun 2024.

Seorang juru bicara dari Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengungkapkan bahwa penyelesaian proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini sedang terhambat oleh proses pembebasan lahan. "Kami berharap tahun ini, akhir tahun atau awal tahun depan, proyek ini dapat terselesaikan. Pembebasan lahan memang menjadi kendala yang cukup signifikan," kata Endra saat diwawancarai di kantornya pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Menurut informasi yang dikutip dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang total 26,18 kilometer dan terdiri dari 2 seksi. Seksi pertama, yaitu Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km, telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020. Seksi kedua terdiri dari dua bagian, yaitu Seksi 2A ruas Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,50 km yang progres konstruksinya mencapai 98,16 persen dan telah dioperasikan untuk mudik Lebaran tahun ini. Sementara itu, Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19,80 km, dengan progres konstruksi mencapai 72,94 persen, diharapkan dapat selesai pada bulan Oktober tahun 2023.

Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian penting dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, dan akan saling terhubung dengan jaringan tol di wilayah Metropolitan Jabodetabek. Endra memperkirakan bahwa seluruh jaringan JORR 2 akan terhubung sepenuhnya pada tahun 2024.

Lebih lanjut, Endra menjelaskan bahwa JORR 2 memiliki panjang total 110 km, dan sebagian besar bagian baratnya, termasuk hampir seluruhnya hingga Cinere, sudah hampir selesai. Hanya tersisa sedikit jarak dari Cinere ke Jagorawi, mungkin sekitar 2-3 km.

Proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways. Tol ini akan langsung terhubung dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, yang saat ini sudah beroperasi hingga Seksi 5. Selain itu, tol ini akan menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, dan terhubung dengan 5 ruas tol lainnya yang termasuk dalam Jalan Tol JORR 2.

Dengan beroperasinya Tol Cimanggis-Cibitung, kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi, akan bertambah. Selain itu, tol ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas dari Tol Cikampek menuju Jakarta, serta arus lalu lintas yang menuju wilayah Bogor.
      edit

0 comments:

Post a Comment